Pentingkah suntikan TT bagi ibu hamil???

Pentingkah suntikan TT bagi ibu hamil???

Tetanus adalah penyakit yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh toksin dari bakteri yang disebut Clostridium tetani.

Bakteri Clostridium tetani penyebab tetanus ini, masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka. Bisa berupa luka akibat tusukan kecil atau goresan pada kulit, meskipun infeksi tetanus lebih berpotensi pada luka tusukan mendalam seperti gigitan, tusukan, luka potongan, luka terbakar atau ulkus.

Tetanus mempengaruhi sistem saraf seseorang dan dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati. Hal ini dapat dicegah melalui imunisasi TT termasuk pada ibu hamil.

Berkenaan dengan suntik imuniasasi TT pada ibu hamil memiliki tujuan mencegah tetanus pada ibu dan bayi ketika proses persalinan, dimana terdapat luka baik pada rahim maupun pada tali pusat bayi. Hal ini terutama mencegah tetanus pada persalinan berisiko tinggi yaitu apabila persalinan dilakukan dengan alat-alat yang tidak steril.

Antibodi akan terbentuk dalam tubuh, setelah vaksinasi atau imunisasi TT diberikan, antibodi ini akan diteruskan kepada bayi dan melindunginya selama beberapa bulan setelah lahir.

Dosis

Satu dosis 0,5 ml vaksin mengandung potensi sedikitnya 40 intra unit.

Indikasi

Untuk pemberian kekebalan aktif terhadap tetanus.

Kontra Indikasi

Gejala-gejala berat karena dosis pertama TT.

Efek Samping

Efek samping jarang terjadi dan bersifat ringan. Gejala-gejalanya seperti lemas dan kemerahan pada lokasi penyuntikan dan bersifat sementara. Terkadang terjadi demam.

Jadwal Pemberian

Jadwal pemberian imunisasi TT pada WUS (wanita usia subur)

🐾 TT 1, diberikan dengan dosis 0,5 cc.
🐾  TT 2, jarak pemberian 4 minggu setelah TT 1, dapat memberikan perlindungan selama 3 tahun, dosis pemberian 0,5 cc.
🐾  TT 3, jarak pemberian 6 bulan setelah TT 2, masa perlindungan 5 tahun, dosis pemberian 0,5 cc.
🐾  TT 4, jarak pemberian 1 tahun setelah TT 3, masa perlindungan 10 tahun, dosis pemberian 0,5 cc.
🐾  TT 5, jarak pemberian 1 tahun setelah TT 4, masa perlindungan 25 tahun, dosis pemberian 0,5 cc.

Cara Pemberian

1. Vaksin dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Tujuannya agar suspensi menjadi homogen.
2. Penyuntikkan vaksin TT untuk mencegah tetanus neonatal terdiri dari 2 dosis primer yang disuntikkan secara intramuskular atau subkutan dalam, dengan dosis pemberian 0,5 ml dengan interval 4 minggu. Dilanjutkan dengan dosis ketiga setelah 6 bulan berikutnya.
3. Untuk mempertahankan terhadap tetanus pada wanita usia subur, maka dianjurkan diberikan 5 dosis. 4. Dosis ke empat dan ke lima diberikan dengan interval minimal 1 tahun setelah pemberian dosis ke tiga dan ke empat.
5. Imunisasi TT dapat diberikan secara aman selama masa kehamilan bahkan pada trimester pertama.
6. Di unit pelayanan statis: vaksin TT yang telah dibuka hanya boleh digunakan selama 4 minggu, dengan ketentuan: vaksin belum kadaluawarsa, vaksindisimpan dalam suhu 2 dan 8 derajat Celcius, tidak pernah terendam air, terjaga sterilitasnya, tidak beku, VVM masih dalam kondisi A atau B.
7. Di posyandu: vaksin yang sudah terbuka tidak boleh digunakan lagi.

Begitu besarnya manfaat yang diperoleh dari imunisasi TT ini, untuk Bunda yang sedang hamil, jika belum mendapatkan segeralah datang ke Puskesmas, Bidan, Posyandu terdekat di wilayah Bunda.

Semoga bermanfaat 😉

Bidan Oveeta_29
Mediskus
Kebidanan