13 AKIBAT KOSMETIK BERBAHAYA bagi IBU HAMIL


13 AKIBAT KOSMETIK BERBAHAYA bagi IBU HAMIL

Apakah saat ini Bunda sedang hamil?
Apa yang Bunda rasakan?
Saat hamil, bawaannya memang berbeda-beda setiap wanita. Ada ibu hamil yang tiba-tiba malas, ogah melakukan apapun. Pengennya tidur terus. Jangankan mandi, cuci mukapun berat dikerjakan. Berdandanpun tidak pernah dilakukan.
Namun meskipun demikian, banyak juga wanita yang ketika hamil malah semakin rajin. Pengennya bersih-bersih rumah, gemar memasak,dll. Secara penampilan, ingin selalu terlihat cantik. Gak mau kucel, kemanapun bawa parfum, sering banget ke salon, doyan berdandan pula. Untuk puaskan rasa cantik, semua kosmetik dibeli demi dapatkan penampilan yang menawan.
Ketika hamil, sah-sah saja jika ingin bersolek. Tetapi perlu diperhatikan, bijaklah dalam memilih kosmetik yang hendak Bunda gunakan. Jangan sampai produk yang digunakan sampai mengganggu kesehatan janin dalam rahim.
Meskipun pemakaian kosmetik berada di luar, tetap saja zat kimia yang ada di dalamnya dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan akhirnya masuk ke pori-pori. Bahan yang masuk tersebut bisa terserap ke dalam placenta sehingga mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin.
Lalu, apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan jika tetap menggunakan kosmetik dengan bahan kimia berbahaya?
Bahaya yang bisa ditimbulkan diantara adalah
1. Cacat ketika lahir
Kandungan retinoid yang ada di dalam bahan kosmetik seperti obat jerawat bisa mengakibatkan bayi yang dimiliki ibu hamil mengalami kecacatan ketika dilahirkan. Kecacatan yang bisa terjadi diantaranya:
- jari dempet atau berdempetan
- memiliki jumlah jari yang kurang
- memiliki jumlah jari yang berlebih
- mata juling
2. Perkembangan janin terganggu
Kandungan retinoid dalam kosmetik juga mengganggu perkembangan janin. Perkembangan dan pertumbuhan janin tidak sesuai dengan umur kehamilan yang semestinya.
3. Keracunan janin
Aroma parfum yang terlalu menyengat juga berbahaya. Sebab bisa masuk ke dalam tubuh, saat masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan keracunan janin.
4. Kematian bayi
Bahan loga, merkuri dan hydroquinone dalam kosmetik bisa sampai menyebabkan kematian bayi. Baik itu mati di dalam kandungan, maupun bayi yang baru saja dilahirkan.
5. Kanker
Terlalu lama terpapar dengan bahan kosmetik yang berbahaya bisa timbulkan kanker. Kanker yang sering timbul yaitu kanker kulit.
6. Bibir sumbing
Menggunakan kosmetik yang berbahaya dapat menyebabkan bayi terkena bibir sumbing. Meski tidak semua bibir sumbing disebabkan karena kosmetik.
7. Mengganggu pertumbuhan sel syaraf
Bahaya kosmetik bagi ibu hamil bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan sel syaraf dalam otak janin. Sehingga dapat melahirkan bayi ideot.
8. Kelainan jantung
Zat kimia yang ada dalam kosmetik bisa menyebabkan gangguan oegan seperti kelainan jantung.
9. Kelainan paru-paru
Kandungan kosmetik berbahaya seperti BHA dan juga retinoid bisa menyebabkan kelainan paru-paru.
10. Alergi
Janin yang ada di dalam kandungan bisa terkena alergi akibat kosmetik berbahaya. Hal itu dikarenakan kulit janin masih sangat sensitif.
11. Gangguan reproduksi
Bahan kimia yang berbahaya bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan ibu. Yaitu terganggunya organ reproduksi si janin.
12. Keguguran
Keguguran bisa disebabkan karena bahan kimia yang berbahaya dari kandungan kosmetik.
13. Komplikasi kehamilan
Kandungan BHA yang ada di dalam produk kosmetik dapat menyebabkan kompikasi pada kehamilan, seperti pre eklamsia.
Itulah 13 bahaya yang bisa terjadi jika ibu hamil tetap menggunakan kosmetik dengan komposisi zat kimia berbahaya. Untuk itu berhati hatilah Bunda dalam penggunaan kosmetik ketika hamil.
Semoga bermanfaat 😉
Bidan Oveeta_29
BNBN