KAPAN KITA BOLEH HAMIL LAGI SETELAH KEGUGURAN dengan TINDAKAN KURETASE ??



KAPAN KITA BOLEH HAMIL LAGI SETELAH KEGUGURAN dengan TINDAKAN KURETASE ? ?




   Keguguran adalah suatu hal yang memang sangat menyedihkan. Impian untuk menimang sang buah hati, harus kandas seketika. Dan hal itu, bagi sebagian wanita akan membawa dampak traumatik tersendiri.

Untuk itu, bagi bunda-bunda yang pernah mengalami keguguran dan ingin program hamil kembali. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Agar kehamilan berikutnya, bunda dan janin lebih sehat lagi.

💉 Hal-hal yang harus DIPERHATIKAN jika ingin hamil lagi setelah keguguran:

1. Konsultasikan kepada dokter

Karena keguguran merupakan hal yang sensitif, sebaiknya bunda harus kembali berkonsultasi dengan dokter. Karena setelah kuret biasanya bunda harus menjalani beberapa kontrol, melihat apa kondisi bunda bagus atau tidak. Karena jika bunda menghindari kontrol, dan bunda memaksa untuk mencoba lagi hamil setelah baru saja kuret, bunda tidak akan tahu resiko apa yang akan bunda alami setelah itu.

2. Setelah 3 siklus menstruasi normal

Jika bunda bertanya kapan waktu yang tepat? Sebagian besar dokter kandungan dan juga spesialis akan menyarankan bunda untuk bisa mencoba hamil lagi setelah 3 siklus menstruasi normal. Dokter spesialis menyaranakan supaya bunda mencoba peridode ini agar bunda siap untuk hamil lagi, dari sisi rahim dan juga sisi psikologis bunda. Sebaiknya tanyakan dahulu kepada dokter kapan tepatnya, supaya bunda bisa lebih berhati-hati.

3. Pastikan bunda siap mental

Biasanya setelah mengalami keguguran dan menjalani prosedur kuret, kita akan mengalami yang namanya stress. Kita akan merasa tidak siap dan stress karena kita merasa kehilangan. Dan perasaan itu sangatlah wajar. Ketika bunda ingin mencoba untuk hamil lagi sebaiknya tunggu hingga bunda benar-benar siap menerima janin lagi. Tunggu hingga rasa stress dan tekanan pada diri bunda hilang, karena jika bunda memaksakan hamil namun masih di bawah stress dan tekanan berat tentu itu akan mempengaruhi kondisi kesehatan janin bunda nantinya.

4. Setelah fisik bunda kuat

Jika bunda ingin mencoba hamil lagi setelah  kuret tentu yang harus bunda siapkan adalah kondisi fisik bunda yang kuat dan sehat. Jika bunda masih sakit-sakitan dan merasa lemah sebaiknya jangan mencoba untuk hamil dulu, hal ini malah akan membuat bunda bisa mengalami keguguran untuk yang kedua kalinya. Jadi, jika bunda merasa waktunya sudah siap untuk hamil, bunda juga harus menjaga kondisi kesehatan tubuh bunda supaya bisa mencoba untuk hamil kembali. Sebab, sejatinya bunda sendiri yang bisa mengukur diri. Bunda, sudah merasa kuat belum secara fisik.

💉 Tips segera hamil lagi setelah keguguran

1 : Hindari STRES

 Agar bunda bisa segera hamil lagi setelah keguguran, maka hal pertama yang perlu bunda lakukan adalah: berhentilah dari memikirkan tentang keguguran anda yang kemarin, karena itu dapat membawa anda pada STRES yang sangat tidak baik untuk kehamilan bunda berikutnya.

Mulailah bangkit untuk kembali berjuang dengan harapan baru, mewujudkan impian bahwa bunda hendak menghadirkan seorang “Malaikat Kecil” tuk menyempurnakan kebahagiaan keluarga bunda.

Mungkin bunda bertanya, kenapa menghindari STRES adalah hal pertama yang harus dilakukan?

 Karena STRES dapat merusak kerja hormon yang bertanggung jawab mengontrol proses terjadinya ovulasi.

Sementara kita tahu, bahwa kehamilan hanya dapat terjadi jika pembuahan terjadi, dan pembuahan hanya dapat terjadi jika proses ovulasi berjalan lancar.

Sehingga, jika ovulasi teraganggu akibat STRES, maka bunda tentu bisa membayangkan kondisi buruk apa yang akan terjadi…

Ya, PEMBUAHAN akan sulit terjadi, bahkan bisa tidak terjadi sama sekali, dan itu artinya peluang bunda bisa hamil semakin kecil.

Oleh karena itulah, agar keinginan bunda untuk hamil lagi setelah keguguran bisa terwujud, maka tips pertama yang harus bunda lakukan terkait berapa lama bisa hamil lagi adalah hindari STRES.

2 : Konsumsi Zat Besi Untuk Memulihkan Kondisi Fisik bunda

Saat bunda mengalami keguguran, bunda kehilangan banyak darah, dan bersamaan dengan itu pula bunda kehilangan cukup banyak zat besi yang efeknya membuat bunda cepat letih dan lemas.

Nah, agar agar benar-benar siap untuk kehamilan berikutnya, maka bunda harus mengembalikan kondisi fisik anda agar tidak selalu cepat letih dan lemas lagi.

Untuk hal ini, cara terbaik yang harus bunda lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi.

3 : Konsumsi Asam Folat Untuk Meningkatkan Kesuburan bunda

Bunda tentu tahu, bahwa bunda tidak akan bisa hamil kalau bunda tidak berada dalam keadaan subur.

Untuk itulah, setelah bunda mengembalikan kondisi fisik bunda dengan mengkonsumsi Zat Besi yang cukup secara rutin, maka hal berikutnya yang perlu bunda lakukan adalah meningkatkan kesuburan bunda.

Jika bunda subur, maka proses ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) akan berjalan mulus, sehingga proses berikutnya yaitu pembuahan dapat terjadi dengan sempurna dan kehamilan pun akan terjadi.

4 : Menghindari Kelebihan Berat Badan

Kata orang, wanita yang kelebihan berat badan itu SUSAH hamil.

Itu memang BENAR !

Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama dokter spesialis kandungan dr. Rosdiana Ramli, SpOG beliau mengatakan, bahwa salah satu cara agar bisa cepat hamil adalah jangan terlalu gemuk dan jangan juga terlalu kurus.

Terlalu gemuk, artinya anda memiliki lemak berlebih yang tidak dibutuhkan dalam tubuh bunda.

Lemak yang berlebih inilah yang menjadi sumber masalah kesehatan, sebut saja seperti: tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, gagal jantung, penyakti pada hati, paru-paru bahkan kanker.

Menderita salah satu penyakit di atas tentu mengganggu kesehatan bunda, dan akibatnya kehamilan yang anda rencanakan bisa terganggu.

Bunda bisa mencari Kalkulator Indeks Massa Tubuh ini di Google dengan mengetikkan kata “Kalkulator Indeks Massa Tubuh”.

Jika nilai BMI anda sama dengan 25 atau lebih, maka itu artinya anda mengalami obesitas dan anda perlu melakukan diet untuk menurunkan kelebihan berat badan bunda agar menjadi ideal.


BACA :
              WASPADAI, ANEMIA SAAT HAMIL

              CARA MEMERAH dan MENYIMPAN ASI

              TANDA-TANDA terjadinya KEGUGURAN
Semoga bermanfaat 😉

Bidan Oveeta_29
Hamil
Tribunnews