BUAH - BUAHAN YANG HARUS DIHINDARI SELAMA KEHAMILAN.



BUAH - BUAHAN YANG HARUS DIHINDARI SELAMA KEHAMILAN.



Ada ibu hamil yang periksa ke Puskemas tempat saya bekerja. Kebetulan pada saat itu saya yang piket pagi di poli KIA( Kesehatan Ibu dan Anak).

" Bubid, kenapa ya perut saya terasa panas, kemudian gatal-gatal juga disekitar perut?".
" Bunda kalau boleh tau, kemaren makan apa saja? ".
" Seingat saya, setelah makan nanas perut saya mendadak panas dan mules, selang 1 jam perut saya juga gatal".

Dalam kondisi hamil, tak jarang kita ingin makan makanan yang segar-segar. Buah misalnya. Namun, apakah Bunda tau meski buah mengandung vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh bagi ibu hamil justru malah tidak boleh dikonsumsi??

Ya, ada beberapa jenis buah yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Diantaranya adalah

1. Durian

Durian mengandung banyak alkohol. Jika terlalu banyak alkohol yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil, akibatnya perut menjadi panas. Akibatnya janin bisa mengalami keguguran.

2. Nanas

Rasa asam dari nanas mungkin membuat ibu hamil muda ingin merasakan cita rasa dari buah ini. Akan tetapi dalam dunia medis, ibu hamil tidak diperbolehkan makan buah ini. Apalagi kalau nanas muda. Mengapa?

- Nanas mengandung zat bernama BROMELAIN. Zat ini membuat leher rahim menjadi lunak sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama semakin besar. Akibatnya bisa terjadi keguguran.
- Nanas mengandung alkohol yang menyebabkan rasa panas di perut.
- Nanas memiliki rasa gatal, jika ibu hamil mengonsumsinya bisa menyebabkan rasa gatal juga di bagian perut.

3. Pepaya muda

Pepaya sangat baik untuk ibu hamil, karena efeknya yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Yang tidak boleh adalah pepaya mentah dan pepaya setengah matang. Mengapa?

- Getah pada pepaya muda membuat ibu hamil akan mengalami Kontraksi sehingga bayi akan lahir prematur.
- Getah pepaya membuat rasa gatal pada ibu hamil dan janin.
- Getah pepaya membuat placenta menjadi lengket.

4. Buah yang dikalengkan

Selain tidak segar, buah yang dikalengkan banyak mengandung bahan pengawet.

5. Buah yang tidak dicuci

Penggunaan pestisida oleh petani untuk mengusir hama, akan berbahaya untuk ibu hamil jika ketika mengonsumsi tidak dicuci terlebih dahulu. Selain mengandung kuman dan bakteri, pestisida yang menempel juga akan ikut kemakan.

6. Anggur

Siapa yang tidak tau anggur, pasti taulah ya. Tetapi untuk ibu hamil, hal yang harus diperhatikan ialah

- Anggur memiliki kandungan gula yang banyak sehingga dapat mempercepat kenaikan berat janin
-  Kandungan gula dalam buah anggur mudah menjadi fermentasi, sedangkan fermentasi sangat tidak baik untuk bumil karena di dalamnya mengandung alkohol.
- Alkohol pada buah anggur akan menyebabkan suhu di dalam rahim ibu meningkat secara tajam, akibatnya perut menjadi panas dan janin tidak mampu bertahan.

7. Cempedak

Cempedak seperti buah nangka. Dapat menyebabkan kontraksi dini, karena buah ini banyak mengandung gas.

8. Buah kepel

Buah kepel memiliki bentuk seperti sawo dan kiwi. Baunya harum dan tekstur buahnya lembut. Rasanya manis. Ibu hamil tidak boleh makan buah ini karena dapat mengakibatkan keputihan yang berlebih.

9. Buah nangka

Kandungan gas yang ada dibuah nangka mengakibatkan perut terasa kembung /bengah. Dan alkohol pada nangka menyebabkan perut panas. Tentunya hal itu akan memberikan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil.

Kita tidak pernah tau, bagaimana kemampuan tubuh dalam mengolah reaksi yang bisa saja timbul dari buah-buah tersebut. Dalam keadaan hamil, berhati hati sangat dianjurkan. Daripada nantinya menyesal kemudian. Sebab semua yang dilakukan semata mata demi kesehatan ibu dan janin.

Semoga bermanfaat 😉

Bidan Oveeta_29
BNBN