TRIK MINUM OBAT UNTUK ANAK


TRIK MINUM OBAT UNTUK ANAK

Obat identik dengan rasanya yang pahit. Tentu, ini tidak menyenangkan bagi anak - anak kita. Nah, agar kesulitan minum obat tidak terbawa sampai dewasa, diperlukan suatu seni.
Berikut ini trik- trik yang dapat kita coba saat si buah hati harus harus minum obat:
1. Sebaiknya jangan sekali- kali kita berbohong, seperti mengatakan bahwa rasa obatnya manis. Sampaikan dengan bijak, meskipun pahit, tetapi obat akan membantu penyembuhan sakitnya.
2. Meninggalkan cara- cara kuno, yaitu mencekoki atau menutup hidung anak saat memberikan obat. Pemaksaan bisa membuat obat masuk ke dalam paru- paru dan ini sangat berbahaya. Pada anak yang belum pandai menelan atau sekitar empat bulan ke bawah, lakukan dengan mekanisme isap agar tidak tersedak ( menggunakan pipet ).
3. Sebaiknya, masukkan obat dari samping, yaitu kantung pipi bagian dalam sebelah kanan atau kiri. Pilihan lain, dibawah lidah jika obat yang ditelan relatif sedikit.
4.Memberikan obat sedikit demi sedikit, kemudian selingi dengan minum air putih.
5. Jika kesulitan menggunakan sendok teh, manfaatkan sendok obat yang ukurannya lebih kecil, tetapi berbentuk lebih cekung. Jika masih menemukan kesulitan juga terlebih pada bayi usia empat bulan ke bawah, gunakan pipet plastik atau alat suntik tanpa jarum.
5. Memposisikan anak vertikal untuk memudahkan Anda memasukkan obat dan bayi tidak tersedak. Untuk bayi yang belum bisa duduk, posisikan sedikit tiduran dengan membentuk sudut kemiringan 45 derajat.
6. Membangun suasana yang menyenangkan sebelum memberikan obat. Ajak anak bermain, bernyayi, atau bercakap- cakap sebelumnya agar anak merasa tidak dipaksa.
Silahkan mencoba, dan semoga berhasil!😉

Bidan Oveeta_29