TANDA-TANDA terjadinya KEGUGURAN


TANDA-TANDA terjadinya KEGUGURAN

Keguguran/abortus adalah salah satu hal yang paling dikhawatirkan dan ditakutkan oleh ibu hamil. Bayangan indah, akan hadirnya sang buah hati sirna sudah ketika keguguran menghampiri.

Rasa sakit yang dialami, stres, bahkan trauma menghantui ibu hamil yang mengalami keguguran.

Oleh sebab itu, mari kita ketahui bersama bagaimana tanda-tanda dari keguguran. Agar dengan kita mengetahuinya, keguguran dapat terhindarkan.

> Tanda-tanda terjadinya keguguran:

1. Pendarahan

Pendarahan adalah tanda yang paling umum. Biasanya dimulai dari bercak-bercak terlebih dahulu, sampai terjadi pendarahan hebat. Kadang-kadang terdapat bagian jaringan yang robek yang ikut keluar bersamaan dengan darah.

Bercak yang keluar dari vagina biasanya berwarna merah muda atau darah segar. Kalau bercak ini dalam beberapa waktu akan berubah menjadi berwarna kecoklatan, hal inilah kadang menyebabkan sulitnya membedakan antara bercak darah karena keguguran dengan bercak sisa menstruasi.

Pendarahan juga dapat berupa keluarnya gumpalan darah. Jika haid terlambat, kemudian diikuti dengan menstruasi yang sangat deras, atau gumpalannya banyak, kemungkinan Bunda alami keguguran (hal ini tidak berlaku jika Bunda memiliki riwayat pendarahan menstruasi yang banyak).

2. Kram atau kejang perut dan daerah panggul

Tanda ini mirip seperti kram ketika awal datangnya menstruasi. Biasanya kram ini terjadi berulang -ulang dalam waktu yang lama. Kram juga dapat terjadi pada daerah panggul.

Kram perut memang lazim dialami oleh ibu hamil. Karena meningkatnya hormon relaxin dan progesteron pada awal kehamilan. Namun, bila kram yang terjadi sering, berlangsung beberapa jam dan tidak mereda. Bunda harus mewaspadai kram tersebut adalah tanda keguguran.

3. Nyeri pada bagian bawah perut dan panggul

Rasa nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, selangkangan, dan daerah alat kelamin. Nyeri ini terjadi dalam beberapa jam hingga hitungan hari.

Nyeri punggung yang menjalar hingga ke dalam rahim, nyeri ini bukanlah berasal dari otot punggung atau tulang punggung Bunda. Akan tetapi, ini adalah nyeri punggung yang jikalau dipijat tampaknya tidak mereda.

4. Keluarnya cairan tanpa perdarahan atau rasa sakit

Kondisi ini kemungkinan terjadi karena ada membaran kandungan yang lepas.

5. Mual dan timbulnya rasa lelah yang berlangsung lama

Mual serta tiba-tiba muncul rada lelah yang berlangsung lama, itu juga merupakan salah satu tanda terjadinya keguguran. Memang agak sulit membedakan, antara ciri-ciri awal kehamilan secara umum. Karena perubahan hormon, awal kehamilan juga ada beberapa wanita yang alami mual.

Namun, mual disini adalah yang terjadi secara mendadak. Yang sebelumnya tidak ada keluhan mual hebat. Kemudian, terjadi mual dan berlangsung lama.

> Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya keguguran:

1. Pola nutrisi dengan mengoptimalkan gizi seimbang
2. Istirahat cukup
3. Pengaturan pola aktivitas sehari-hari (hindari capek yang berlebihan)
4. Pengolahan stress psikologi
5. Pengaturan aktivitas sexual

Jika Bunda alami salah satu tanda atau lebih sesuai keterangan diatas, segeralah periksa ke Bidan atau Dokter Bunda.

Semoga bermanfaat 😉

Bidan Oveeta_29
MenghadapiKehamilanBeresikoTinggi