SUNTIK KB 3 BULAN

diskusi kesehatan

SUNTIK KB 3 BULAN

Banyak pasien yang sering mengeluh, kenapa sejak memakai Kb 3 bulan berat badan semakin bertambah. Tak jarang pula, menanyakan mengapa mensnya tidak teratur. Kepala sering pusing, juga rasakan kesemutan.
Suntik Kb 3 bulan, memang sangat familiar dikalangan masyarakat kita. Mungkin juga, anda termasuk salah satu akseptornya.
Yuk ah, mari kita memahami bersama tentang suntik Kb 3 bulan. Sehingga setelah faham, kita bisa lebih bijak dalam menentukan alat kontrasepsi yang hendak kita pakai. Yang sudah jadi akseptor 3 bulan,semakin mantap dengan pilihannya. Dan bagi yang belum, bisa menjadi alternatif pilihan dalam ber Kb.
Perlu diketahui, KB suntik 3 bulan mengandung Depo Provera yang merupakan suspensi cairan yang terdiri dari kristal-kristal mikro medroksiprogesteron asetat (DMPA). Sedangkan DMPA ini merupakan keturunan progesteron, hormon yang memang sudah ada dalam tubuh wanita. Disuntikkan dengan dosis 150 mg setiap 3 bulan sekali.

* Cara kerja suntik Kb 3 bulan diantaranya yaitu
1. Mengentalkan lendir rahim ( sperma akan terperangkap dan sulit bergerak ke rahim,dan seterusnya).
2. Mencegah ovulasi atau pengeluaran sel telur dari ovarium
3. Membuat dinding rahim tidak siap menerima hasil pembuahan.

* Apa sajakah efek samping Samping KB Suntik 3 Bulan itu?
1.Gangguan menstruasi atau haid. Baik berupa pemendekan siklus haid atau malah memanjang, perdarahan yang banyak saat menstruasi atau malah sedikit, spotting (ngeflek), bahkan ada yang tidak mengalami haid sama sekali (amenore).
2.Cenderung mudah gemuk, efek samping penambahan berat badan ini yang paling sering ditakuti oleh ibu-ibu.
3. Setelah suntikan dihentikan, kesuburan akan kembali dengan lambat.
4. Perubahan lipid serum (kolesterol) menjadi tinggi pada penggunaan jangka panjang.Dapat menurunkan densitas atau kepadatan tulang pada penggunaan jangka panjang.
5. Pada penggunaan jangka panjang juga dapat menurunkan libido, pengeringan vagina, gangguan emosi, sakit kepala, sering gemetar, dan timbulnya jerawat.

* KB suntik 3 bulan tidak boleh diberikan pada wanita yang mengalami hal-hal berikut:
1.Hamil
2 Kanker payudara
3.Karsinoma atau kanker organ resproduksi
4. Pendarahan uterus abnormal
5. Darah tinggi
6. Memiliki penyakit jantung, stroke, dan migrain
7.Merokok lebih dari 15 batang per hari
8. Berumur diatas 35 tahun
Apapun efek samping yang dialami selama penggunaan KB suntik 3 bulan dan membuat kita khawatir sebaiknya langsung saja konsultasikan dengan bidan atau dokter.
Semoga bermanfaat 😉
Bidan Oveeta_29