Modifikasi " SUP DAUN KATUK"


Modifikasi " SUP DAUN KATUK"

Apapun makanan yang hendak dikonsumsi, hal penting yang harus diperhatikan adalah makanan tersebut harus mempunyai nilai vitamin dan bergizi. Seperti lemak, karbohidrat, protein, kalsium, mineral, dll. Sebab, pasca melahirkan kebutuhan nutrisi sangat penting untuk memperlancar ASI dan proses pemulihan kondisi tubuh. Makanan tidak cukup hanya memiliki rasa yang lezat, namun harus tepat dan seimbang( antara porsi dan ukuran kandungan gizinya cukup).

Daun katuk adalah salah satu sayuran yang sudah lama dipercaya untuk memperlancar ASI. Iya, dalam ilmu gizi hal itu sangat dibenarkan. Daun katuk mampu menjaga stabilnya produksi ASI dan meningkatkan produksi ASI. Hal itu disebabkan karena di dalam daun katuk terdapat kandungan POLIFENOL dan STEROID yang berperan dalam reflek prolaktin atau merangsang alveoli untuk merangsang ASI. Selain itu daun katuk merangsang hormon oksitosin untuk memacu pengeluaran dan pengaliran ASI.

Daun katuk merupakan makanan berserat yang memiliki kandungan vitamin dan gizi sebagai berikut:

1. Protein = 4,8 gram
2. Kalsium energi = 59 kkal
3. Lemak = 1,0 gram
4. Karbohidrat = 11,0 gram
5. Serat = 1,5 gram
6. Kalsium = 0,4 mg
7. Vitamin C = 239 mg
8. Air = 81 gram

Beberapa Bunda mengeluh pada saya, ingin mengonsumsi daun katuk. Namun, ia merasa hasil masakannnya kurang memuaskan. Sehingga nafsu makan terhadap daun katuk tidak maksimal. Yang ada timbul rasa eneg saat memakannya.

Meskipun dengan bahan masakan yang sama, jika pengolahannya dengan cara dan resep yang berbeda, tentunya akan menghasilkan rasa yang berbeda pula. Sehingga dapat meminimalkan rasa enek bahkan bosan.

Berikut cara membuat SUP DAUN KATUK yang telah dimodifikasi.

1. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan

- 600 ml kaldu ayam ( air)
- 100 gram daun katuk
- 50 gram jagung muda pipilan
- 50 gram wortel,potong-potong
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 6 cm temu kunci (kencur) , iris halus
- 4 siung bawang merah, iris halus
- 2 siung bawang putih, haluskan.
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam halus

2. Cara membuat

- Didihkan kaldu ayam (air) lalu masukan temu kunci, bawang merah, bawang putih, gula pasir dan garam. Masak hingga mendidih.
- Masukkan jagung, potongan wortel, daun katuk dan daun bawang. Aduk hingga rata. Masak hingga semua bahan matang lalu angkat.
- Tuang ke dalam mangkok saji. Hidangkan saat keadaan masih hangat.

Selamat mencoba ya Bunda.

Catatan:
Jangan mengonsumsi daun katuk dalam keadaan mentah, kalau sebab proses pemanasan bisa mengurangi efek negatif dari daun katuk.

Semoga bermanfaat

Bidan Oveeta_29
MenuSehatIbuMenyusui
DaunKatuk