INFLUENZA PADA ANAK



INFLUENZA PADA ANAK

1. Apa dan bagaimana influenza itu?

Memang, influenza bukanlah penyakit berbahaya. Namun, cukup sering diderita oleh anak-anak karena terdapat lebih dari 2.000 virus penyebab penyakit ini. Virus ini menyerang hidung dan tenggorokan. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, tetapi jika penanganannya tidak baik maka dapat menurunkan daya tahan tubuh anak.Selain itu, memicu timbulnya infeksi sekunder lain seperti seperti radang di telinga dan sinusitis ( radang di saluran paranasal yang letaknya di daerah tulang pipi). Dengan perawatan yang baik, biasanya influenza sembuh dalam waktu sekitar lima hari.

Gejala awal munculnya influenza, yaitu gatal di tenggorokan, sakit kepala, dan demam. Selanjutnya, muncul cairan di hidung yang terus mengental dan kadang bersama dengan batuk. Pada beberapa anak, gejala influenza sering bersama rasa ngilu atau pegal di persendian. Selain itu pula, ada juga yang tubuhnya tiba- tiba menggigil, suhu meningkat sampai 38,8 C atau 41C (kadang-kadang sampai kejang), mata merah, terkadang muncul muntah dan diare.

2. Diagnosa

Kasus influenza tidak dapat didiagnosa dengan tepat melalui serangkaian tes biasa atau pemeriksaan fisik. Selama epidemik, penyakit didiagnosa sama dengan kasus- kasus lainnya. Tes khusus untuk influenza memerlukan fasilitas laboratorium khusus.

3. Apa yang dapat kita lakukan bila anak terserang influenza?

Walaupun tergolong penyakit ringan, tetapi influenza tidak dapat diremehkan. Untuk menghindari dan mengatasi saat anak terserang gejala influenza, berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan:

BACA


• Jika ada penderita influenza di rumah, sebaiknya minta ia menggunakan masker untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus influenza terutama pada anak- anak
.
• Satu-satunya cara untuk mengurangi kemungkinan terhindar dari virus influenza adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, berikan anak-anak makanan dengan gizi seimbang agar tubuh tetap vit.

• Jika anak terkena influenza, usahakan banyak istirahat. Saat terserang flu, anak membutuhkan banyak tenaga untuk melawan penyakit ini.

• Hindari anak dari udara dingin karena dapat semakin memperburuk kondisi
.
• Agar anak dapat beristirahat dengan nyaman, penuhi semua keperluan yang diinginkan seperti mainan atau barang lain sehingga ia tidak perlu banyak bergerak.

• Usahakan udara tempat anak beristirahat cukup hangat dan sirkulasi udaranya terjaga dengan baik

• Agar anak tetap bisa bernafas, ganjal kepala lebih tinggi dari badannya agar sumbatan di hidung terbuka.

• Buang lendir dalam hidung, dengan mengajarkan anak cara mengeluarkan lendir di hidungnya. Gunakan tisu atau kain halus sebagai penadah dan pastikan tisu atau kain ini tidak diletakkan di sembarang tempat.

• Baluri punggung dan dada si kecil dengan obat gosok penghangat agar anak merasa lebih lega.

• Bila perlu berikan obat paracetamol untuk penanganan awal jika anak muncul demam.

• Bujuk anak untuk mau minum yang banyak sehingga racun keluar lewat ginjal ( buang air kecil )


Sebenarnya, virus influenza dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, beberapa anak terutama yang mempunyai bakat alergi dan asma sering mengalami gangguan influenza yang lebih parah dan lama. Oleh karena itu, sangat dianjurkan melakukan kunjungan ke dokter jika dalam waktu tiga hari penyakit ini tidak kunjung sembuh.
Kita juga perlu segera membawa si kecil ke dokter jika ada demam dengan suhu tubuh yang terus meningkat atau mencapai lebih, sesak nafas, atau tidak mau makan. Semua ini dapat memperburuk kondisi anak karena daya tahan tubuhnya semakin menurun dan virus influenza semakin sulit sembuh.

Semoga bermanfaat😉